Karena Insiden Flare Di AFF 2016, Thailand Didenda 400 Juta

Karena Insiden Flare Di AFF 2016, Thailand Didenda 400 Juta

Ajang piala AFF 2016 memang sudah berakhir akan tetapi kabar tentang akhir dari piala AFF masih saja bergulir. Kini komisi disiplin AFC mengeluarkan keputusan atas sanksi terhadap asosiasi sepakbola Thailand terkait karena adanya insiden penyalaan flare pada leg kedua di final piala AFF 2016 yang waktu itu diselenggarakan di Stadion Rajamangala, Bangkok, 17 Desember 2016. Seperti yang juga kita tahu bahwa flare ini dinyalakan oleh kelompok suporter Ultras Thailand yang langsung mendapatkan kecaman dari seluruh pihak di Thailand.

Bahkan FAT juga melakukan kerjasama dengan pihak polisi Thailand untuk bisa menangkap para pelaku yang ketika itu menyalakan cerawat. Didalam surat keputusan yang dilontarkan memang komdis AFC memberikan sanksi berupa denda kepada FAT sebesar kurang lebih 30 ribu dollar AS atau sekitar 400 juta rupiah. Denda sebesar 400 juta rupiah ini nyatanya wajib dibayar dalam waktu 30 hari setelah putusan yang diberikan. Kemudian selain itu FAT juga diancam akan terkena hukuman yang lebih berat lagi jika pelanggaran ini terulang kembali.

“Agar bisa menghindari masalah seperti ini terjadi lagi di masa depan, kami harus melakukan kerja sama dengan semua penggemar sepakbola agar bisa menaati peraturan dalam kompetisi. Dan ini juga berlaku agar bisa menghindari semua yang dapat merugikan dan memberikan hukuman berat yang dapat diberikan oleh AFC nantinya jika kejadian yang sama bisa terulang kembali”. Demikian yang diungkapkan oleh Sopa Phong yang merupakan seorang juru bicara sekaligus wakil sekretaris bidang luar negeri FAT dikutip laman resmi FAT.

Dan seperti yang telah kita tahu bahwa nantinya pada leg kedua final itu Thailand yang berhasil menang atas pihak timnas Indonesia dengan skor 2-0 menjadikan Thailand memang dapat mengantongi predikat skuad sepakbola terbaik di Asia kelima kalinya. Ini juga yang menjadi kebanggaan Thailand dan menjadi modal agar Thailand berjaya kembali dalam laga – laga pertandingan Asia yang akan berlangsung beberapa tahun ke depan.

Leave a Reply